Kenalan yuk Sama Affiliate Marketing !

Bisnis Online

Kenalan yuk Sama Affiliate Marketing Bisnis Online Untuk Pemula

Kenalan yuk Sama Affiliate Marketing Bisnis Online Untuk Pemula. Dalam dunia internet marketing, ada beberapa model marketing yang dapat dilakukan, salah satunya adalah affiliate marketing. Dengan model marketing ini, affiliate marketer (sebutan untuk orang yang menjalankan affiliate marketing) cukup mempromosikan produk-produk dari suatu bisnis melalui media online yang digunakan dengan cara mencantumkan link utama dari bisnis yang bersangkutan. Saat mengeklik link tersebut, pengunjung akan diarahkan ke situs utama dari bisnis yang menawarkan suatu produk.

affiliate marketing bisnis online untuk pemula

 

-affiliate marketing bisnis online untuk pemula-

Melihat cara kerja seperti itu, dapat disimpulkan bahwa tugas dari affiliate marketer yang menggunakan model ini adalah mengumpulkan dan mengirimkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke situs bisnis utama. Jika pengunjung melakukan pembelian, pihak pebisnis akan memberikan komisi pada affiliate marketer tersebut yang besarnya sudah disepakati terlebih dahulu.

Kelebihan Affiliate Marketing

Menjalankan affiliate marketing memang memberikan beberapa kelebihan, seperti berikut ini.

  1. Dapat Menjadi Passive Income

Berbeda dengan sistem office hour yang mendapat bayaran sesuai dengan jam kerja, menjalankan affiliate marketing akan mendapatkan bayaran sesuai dengan transaksi yang terjadi melalui link yang dipasang di media-media online. Affiliate marketer hanya memasang link di media-media social yang digunakan dan akan mendapatkan income kapan saja.

  1. Jam Kerja Fleksibel

Saat pertama kali menjalankan affiliate marketing, memang banyak hal yang harus dipelajari dan menyita banyak waktu. Tetapi, semua itu akan terbayarkan saat internet marketer sudah dapat menggunakan model internet marketing ini dengan baik sehingga jam kerjanya menjadi lebih fleksibel.

  1. Modal Awal Yang Kecil

Untuk memulainya, affiliate marketer hanya perlu membeli hosting atau domain untuk memulainya. Selain itu, juga perlu disiapkan jaringan internet serta softwaredan hardware yang mumpuni.

  1. Tidak Ada Biaya Produksi

Menjalankan affiliate marketing tidak ada biaya produksi karena memang tidak ada barang atau jasa yang diproduksi. Affiliate marketer cukup mempromosikan produk pebisnis lain.

  1. Tidak Perlu Stok Barang

Selain tidak ada biaya produksi, affiliate marketing juga tidak memerlukan stok barang karena cukup mempromosikannya di media-media online dengan mencantumkan link utama. Hal ini membuat affiliate marketer tidak perlu repot-repot mengelola stok barang.

Kelemahan Affiliate Marketing

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata affiliate marketing juga memiliki beberapa kelemahan, seperti berikut ini.

  1. Harus Bersaing Dengan Affiliate Marketer Lain

Tidak menutup kemungkinan bahwa affiliate marketer yang satu dengan affiliate marketer yang lain mempromosikan produk yang sama sehingga tingkat persaingannya lebih ketat.

  1. Income Bergantung Pada Orang Lain

Meskipun mendapatkan passive income, semua itu bergantung pada pengunjung yang melakukan transaksi di situs utama dengan mengeklik link di media-media online yang digunakan oleh affiliate marketer.

  1. Tidak Memiliki Data Pelanggan

Karena langsung terhubung ke situs utama, para affiliate marketer tidak mengetahui dan tidak memiliki data pelanggan.

Meskipun sudah mengetahui apa itu affiliate marketing beserta kelebihan dan kekurangannya, orang-orang yang menjalankan model internet marketing ini tetap harus belajar agar wawasannya selalu bertambah. Selamat belajar !

 

Leave a Reply